Berbagi Tutorial dan tips-tips materi belajar

Contoh RPP  IPA Fisika Kelas 8 "Hukum 1 Newton"

Sebelum mengcopy RPP di bawah, simak dan baca Materi Hukum 1 Newton SMP Kelas 8
            Satuan Pendidikan                   : SMP……………..
            Mata Pelajaran                         : IPA FISIKA
            Kelas/semester                        : VIII/ganjil
            Materi Pokok                            : Gaya
            Sub Materi Pokok                    : Hukum 1 newton
            Alokasi waktu                           : 2 x 40 menit

A.     Kompetensi inti
1.      Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai perilaku (jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli,santun; rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan ) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memamhami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung,menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.

B.     Kompetensi dasar
1.1  Mengaggumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu , objektif , jujur, teliti,cermat,hati-hati bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam pembelajaran dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktifitas sehari-hari.
2.4  Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktifitas sehari-hari.
3.1  Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  Melakukan penyelidikan tentang gerak, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.

C.     Indikator
1.      Menjelaskan hukum 1newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

D.     Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskann hukum 1 newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


E.      Materi Pembelajaran Esensi
1.      Hukum I Newton menyatakan bahwa “ jika resultan gaya-gaya yang bekerja pada benda nol, atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda, benda itu akan diam (tidak bergerak) atau akan bergerak dengan kecepatan konstan”.
2.      Inersia merupakan kecendrungan sebuah benda untuk mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergerak lurus dengan kecepatan konstan.

F.      Metode pembelajaran

Pendekatan    : Pemahaman proses
Model              : Direct Instruction
Metode           : Diskusi, demonstrasi , dan ceramah

G.     Sumber Belajar
1.      Buku ajar pegangan guru.

Alton Biggs, Chris Kapicka, dan Linda Lundgreen.1995. The Dynamics of ilfe.
      New York : McGraw-Hill.
Halliday, David dan Robert Resnic(Alih bahasa; Pantur Silaban dan Erwin
          Sucipto).1999.  Fisika Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Tipler, Paul A. 1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik Edisi Ketiga. Jakarta:
      Penerbit Erlangga.

H.     Media Pembelajaran
1.      Media        : papan tulis
2.      Alat            : Spidol, kertas HVS , dan gelas


I.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah Newton saat menemukan hukum Newton.
Sir Isaac Newton (1642) adalah seorang ilmuwan fisika berkebangsaan Inggris yang memperlajari tentang gravitasi. Ide Newton tentang gravitasi bumi muncul saat ia sedang duduk di bawah pohon apel. Saat itu Newton tertimpa apel. Newton berpikir mengapa apel yang sudah masak selalu jatuh ke tanah dan tidak pernah sekalipun tiba-tiba melayang di udara. Menurut Newton, apel yang jatuh menuju pusat bumi disebabkan oleh adanya gaya tarik bumi yang nilainya jauh lebih besar daripada gaya tarik apel ke bumi. Gaya tarik bumi yang sangat besar mampu mempengaruhi gerakan seluruh benda-benda yang ada di permukaan bumi.
2.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran.
3.    Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu sifat kelembaman suatu benda.


10 Menit
Kegiatan Inti







1.     Guru mendemonstrasikan sifat kelembaman benda melalui sebuah praktek didepan siswa, dan mengajak siswa untuk mengamati mencatat informasi yang didapat pada demonstrasi tersebut.
2.     Guru mengajak salah satu siswa untuk melakukan demonstrasi yang telah dicontohkan oleh guru.

3.    Guru memberikan pertanyaan yang menyangkut terhadap demonstrasi yang telah dilakukan.
50 Menit
Penutup
1.    Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan. “Hukum I Newton membahas tentang kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnnya (inersia) atau .
2.    Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya.
20 Menit


J.       Penilaian
1.      Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk instrument
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubric

2.      Instrument
a.       Lembar pengamtan sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Rasa ingin tahu (curiosity)




2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





b.      Rubrik penilaian perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingin tahu
3.      Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2.      Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
1.      Tidak menunjukan antisias dalam penngamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3.      Tekun  dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2.      Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
1.      Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
3.      Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
2.      Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
1.      Tidak aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang/tidak menghargai pendapat siswa lain.






Mengetahui                                                                                           Kota, tanggal , tahun
……..                                                                                                  ……..



Download File M.Word nya :  http://adf.ly/xq4c6







0 komentar:

Post a Comment

Tulis Komentar anda disini

Contoh RPP  IPA Fisika Kelas 8 "Hukum 1 Newton"