Berbagi Tutorial dan tips-tips materi belajar

Contoh RPP  IPA Fisika SMP Kelas 8 "Materi Gerak Pada Benda"

Sebelum meng-akses RPP di bawah ini, simak dan baca materi Fisika SMP Jenis-jenis gerak
RPP 
            Satuan Pendidikan                 : SMP …………………
            Mata Pelajaran                         : IPA FISIKA
            Kelas/semester                        : VIII/ganjil
            Materi Pokok                            : Gerak pada benda
            Sub Materi Pokok                    : Pengertian Gerak , Gerak selalu bersifat relative, jenis-jenis gerak.
            Alokasi waktu                           : 3 x 40 menit

A.     Kompetensi inti
1.      Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai perilaku (jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli,santun; rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan ) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memamhami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung,menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.

B.     Kompetensi dasar
1.1  Mengaggumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu , objektif , jujur, teliti,cermat,hati-hati bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam pembelajaran dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktifitas sehari-hari.
2.4  Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktifitas sehari-hari.
3.1  Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  Melakukan penyelidikan tentang gerak dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.

C.     Indikator
1.      Mendefinisikan tentang gerak.
2.      Membedakan gerak menurut keadaannya dan menurut lintasannya.

D.     Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat mendefinisikan tentang gerak.
2.      Siswa dapat membedakan gerak menurut keadaannya dan menurut lintasannya.

E.      Materi Pembelajaran Esensi
1.      Gerak suatu benda selalu dikaitkan dengan suatu titik acuan. Suatu benda dikatakan bergerak terhadap suatu titik acuan jika kedudukan benda tersebut terhadap titik acuan berubah.
2.      Gerak benda juga dapat dibedakan atas 2 macam;
a.       Gerak nyata merupakan gerak suatu benda yang diakibatkan oleh perubahan jarak dan atau posisi benda terhadap titik acuan.
b.      Gerak semu merupakan gerakan suatu benda yang sebenarnya diam namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seolah-olah bergerak.
3.      Gerak menurut bentuk lintasan terdapat 3 macam gerak , yakni ;
a.       Gerak lurus merupakan gerak yang lintasannya berbentuk garis lurus (tidak berbelok-belok)
b.      Gerak  melingkar merupakan gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran atau bagian dari lingkaran itu.
c.       Gerak parabola merupakan gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola.

F.      Metode pembelajaran

Pendekatan   : Pemahaman proses
Model              : Direct Instruction
Metode            : Diskusi, demonstrasi, dan ceramah.
  
G.     Sumber Belajar
1.      Buku ajar pegangan guru.

Alton Biggs, Chris Kapicka, dan Linda Lundgreen.1995. The Dynamics of ilfe.
      New York : McGraw-Hill.
Halliday, David dan Robert Resnic(Alih bahasa; Pantur Silaban dan Erwin
          Sucipto).1999.  Fisika Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Tipler, Paul A. 1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik Edisi Ketiga. Jakarta:
      Penerbit Erlangga.

H.     Media Pembelajaran
1.      Media        : papan tulis
2.      Alat            : spidol dan penghapus

I.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Proses
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Perhatian dan permotivasian : Mengilustrasikan pertanyaan “ pernahkah kalian mendorong sepeda yang sedang dikendarai oleh temanmu? ( pernah) Guru melanjutkan “ Apa yang terjadi jika kalian mendorong sepeda yang sedang dikendarai oleh temanmu ? (Kecepatan nya bertambah) Guru melanjutkan, “ ia benar sekali , Sebaliknya jika sepeda yang dikendarai temanmu kalian tarik, apa yang terjadi? ( kecepatan berkurang)  Guru  melanjutkan “ Ia benar,
2.      Apersepsi : bertanya jawab tentang karakteristik gerak terhadap benda yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran
Menanya dan Mengomunikasikan
10 menit
Kegiatan inti
1.      Guru memberikan informasi/penjelasan inti pengertian gerak terhadap benda serta bagian-bagian nya.
2.      Guru merangsang siswa untuk berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
3.      Guru memimpin diskusi untuk mendengarkan tiap individu yang akan mengemukakan hasil diskusinya.
4.      Berawal dari kegiatan tersebut , guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan siswa.
Mengamati, menganalisis, dan mengomunikasikan
80 menit
Penutup
1.      Guru memberikan evaluasi berupa soal kognitif, untuk mempertajam pengetahuan siswa dalam materi ini.
2.      Guru membahas soal , sekaligus memberikan penilaian terhadap siswa.
3.      Guru menutup pembelajaran dengan memberikan salam.
Mengasosiasikan
30 menit

J.       Penilaian
1.      Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk instrument
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes Formatif
Uraian Essay

2.      Instrument
a.       Lembar pengamatan sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
keterangan
1.
Rasa ingin tahu (curiosity)




2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





b.      Rubrik penilaian perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingin tahu
3.      Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2.      Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
1.      Tidak menunjukan antisias dalam penngamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3.      Tekun  dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2.      Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
1.      Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
3.      Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
2.      Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
1.      Tidak aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang/tidak menghargai pendapat siswa lain.

c.       Soal Uraian
1.      Apa yang dimaksud dengan gerak ?
2.      Jika kamu duduk dalam bus yang sedang bergerak, dapatkah kamu disebut bergerak terhadap bus? Mengapa demikian ?

d.      Kunci jawaban dan Penskoran Essay
No
Kunci jawaban
Skor
1
Gerak merupakan suatu benda selalu dikaitkan dengan suatu titik acuan, karena suatu benda dikatakan bergerak terhadap suatu titik acuan jika kedudukan benda tersebut terhadap titik acuan berubah.
50
2
Tidak , karena gerak suatu benda selalu bersifat relative, bergerak atau tidaknya suatu benda ditentukan oleh keadaan sipengamat terhadap benda itu, jadi buslah yang bergerak dengan pengamat didalam bus tersebut, sehingga pengamat mengalami perpindahan.
50
Skor Maximum
100



e.       Rubrik Penilaian soal uraian dan pilhan ganda

1.      Teknik Penilaian Essay
No
Point yang dinilai
Skor
1
a.       Jawaban benar
50
b.      Jawaban salah, tetapi masih berusaha menulis
20
c.       Jawaban salah dan tidak menulis sama sekali
0
2
a.       Jawaban benar
50
b.      Jawaban masih ada menyinggung ke jawaban yang benar
40
c.       Jawaban salah, tetapi masih berusaha menulis
20
d.      Jawaban salah dan tidak menulis sama sekali
0

Jadi untuk mencari nilai pada proses rubric seperti ini, dilakukan dengan proses penilaian penjumlahan skor yang diperoleh siswa , yang berlaku pada masing-masing point dan nomor soal.
Contoh : Penilaian ( Nilai = Skor no 1 + Skor no 2 + Skor no 3 + Skor no 4 = . . . )
No
Contoh Skor yang diperoleh
Skor Max pada soal
1
30 Point
50 point
2
40 point
50 point
Jumlah Nilai
70 Merupakan Skor yang diperoleh siswa
100 merupakan nilai max yang akan dicapai siswa







Mengetahui                                                                                     Kota, tanggal tahun
……….                                                                                                           ………



Maaf isinya berantakan, soalnya ngetiknya menggunakan m.word..


Download File M.word :  http://adf.ly/xq3cK

Berikut merupakan Kumpulan Soal Dan Jawaban Fisika SMP Kelas 8



0 komentar:

Post a Comment

Tulis Komentar anda disini

Contoh RPP  IPA Fisika SMP Kelas 8 "Materi Gerak Pada Benda"