Berbagi Tutorial dan tips-tips materi belajar

Contoh RPP  IPA Fisika Kelas 8 "Materi Pesawat Sederhana"

RPP
            Satuan Pendidikan                    : SMP………………
            Mata Pelajaran                           : IPA - FISIKA
            Kelas/semester                          : VIII/ganjil
            Materi Pokok                              : Pesawat sederhana
            Sub Materi Pokok                      : Tuas Pengungkit
            Alokasi waktu                             : 2 x 40 menit

A.     Kompetensi inti
1.      Menanggapi dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai perilaku (jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli,santun; rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan ) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memamhami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung,menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.

B.     Kompetensi dasar
1.1  Mengaggumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu , objektif , jujur, teliti,cermat,hati-hati bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam pembelajaran dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktifitas sehari-hari.
2.4  Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktifitas sehari-hari.
3.1  Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana.

C.     Indikator
1.      Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tuas pengungkit.
2.      Menyelesaikan secara kuantitatif yang sederhana, yang berhubungan dengan pesawat sederhana khususnya tuas pengungkit.
3.      Melakukan penyelidikan keuntungan mekanik pesawat sederhana, khusunya tuas pengungkit.

D.     Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tuas pengungkit.
2.      Siswa dapat menyelesaikan secara kuantitatif yang sederhana, yang berhubungan dengan pesawat sederhana khususnya tuas pengungkit.
3.      Siswa dapat melakukan penyelidikan keuntungan mekanik pesawat sederhana khususnya tuas pengungkit.

E.      Materi Pembelajaran Esensi
1.      Pesawat sederhana merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah manusia melakukan usaha.
2.      Tuas berguna untuk mengungkit benda yang berat. Pengungkit terdiri dari tiga macam, yaitu :
a.       Pengungkit jenis pertama (contohnya gunting dan jungkat-jungkit)
b.      Pengungkit jenis kedua (contohnya pemotong kertas dari gerobak roda satu)
c.       Pengungkit jenis ketiga (contohnya sekop dan pinset)


3.      Keuntungan mekanis (KM) merupakan perbandingan antara beban dan gaya kuasa, atau lengan kuasa dan lengan beban.



F.      Metode pembelajaran

Pendekatan      : Pemahaman proses dan scientific
Model              : Direct Instruction  Dan siklus (eksplorasi elaborasi konfirmasi)
Metode            : Diskusi, demonstrasi dan ceramah

G.     Sumber Belajar
1.      Buku ajar
a.       Buku IPA SMP kelas VIII Kurikulum 2013 (TIM ABDI GURU)
 Alton Biggs, Chris Kapicka, dan Linda Lundgreen.1995. The Dynamics of    ilfe.
      New York : McGraw-Hill.
Halliday, David dan Robert Resnic(Alih bahasa; Pantur Silaban dan Erwin
          Sucipto).1999.  Fisika Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Tipler, Paul A. 1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik Edisi Ketiga. Jakarta:
      Penerbit Erlangga.

H.     Media Pembelajaran
1.      Media        : computer laptop, LCD Proyektor, white board dan spidol tulis
2.      Alat            : penggaris kayu , sapu dan gunting

I.        Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Proses
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Perhatian dan permotivasian : Mengilustrasikan pertanyaan “ Pernahkah kalian bermain jungkat jungkit semasa ditaman kanak-kanak? ( pernah) Guru melanjutkan “ Apa yang terjadi pada saat kalian  menaiki jungkat-jungkit tersebut  ? (papan nya bergerak jika berat badan yang menaiki jungkat-jungkit nya sama ) Guru melanjutkan, “ ia benar sekali , Sebaliknya jika jungkat-jungkit tersebut hanya dinaiki 1 orang, apa yang terjadi? ( tidak bergerak)  Guru  melanjutkan “ Ia benar,
2.      Apersepsi : bertanya jawab tentang karakteristik pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran
Menanya dan Mengkomunikasikan
10 menit
Kegiatan inti
1.      Guru memberikan informasi/penjelasan inti materi pesawat sederhana tuas pengungkit.
2.      Guru merangsang siswa untuk berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
3.      Guru mendemonstrasikan penggunaan tuas dalam kehidupan sehari-hari dengan mempraktekan gaya menyapu yang merupakan gerakan suatu tuas , serta menjelaskan cara  mengaplikasikan-nya dikehidupan sehari-hari.
4.      Guru memberikan stimulus, dengan memberikan pertanyaan yang membingungkan baik teori maupun secara kuanta , agar pemmikiran siswa dapat terangsang, sehingga memancing rasa ingin tahu siswa.
5.      Guru memimpin diskusi untuk mendengarkan pernyataan siswa yang telah diberi stimulus pertanyaan.
6.      Guru memberikan contoh soal untuk dijawab oleh siswa, dan dibahas bersama-sama.

Mengamati, menganalisis dan mengomunikasikan
40 menit
Penutup
1.      Guru memberikan evaluasi, untuk mengukur daya pemahaman siswa.
2.      Guru membahas pengerjaan siswa, sekaligus memberikan penilaian hasil evaluasi pengetahuan siswa terhadap materi tuas dan katrol.
3.      Guru mengakhiri pertemuan, dengan memberikan salam.
Mengasosiasikan
30 menit




J.       Penilaian
1.      Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes Pengetahuan
Uraian Essay

2.      Instrument
a.       Lembar pengamatan sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
keterangan
1.
Rasa ingin tahu (curiosity)




2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





b.      Rubrik penilaian perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingin tahu
3.      Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2.      Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
1.      Tidak menunjukan antisias dalam penngamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3.      Tekun  dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2.      Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
1.      Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
3.      Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
2.      Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
1.      Tidak aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang/tidak menghargai pendapat siswa lain.

c.       Tes Essay
1.      Sebutkan salah satu jenis tuas yang ada dikehidupan sehari-hari , yang titik kuasanya terletak antara titik tumpu dan titik beban ?
2.      Sebuah batu seberat 700 N akan dipindahkan dengan tuas yang panjangnya 2 m, untuk membuat system pengungkit, digunakan sebuah batu sebagai tumpuan. Jika jarak titik tumpu terhadap beban 0,5 m, hitunglah gaya yang diperlukan untuk menggerakkan batu?
3.      Sebuah batu seberat 200 N , diangkat dengan menggunakan tuas sebesar gaya 50 N , berapakah keuntungan mekanis pada tuas yang digunakan untuk mengangkat batu tersebut ?

d.      Kunci jawaban
1.      Staples
2.      Diketahui = panjang tuas = 2m
                    lb = 0,5 m
                    lk = ( panjang tuas – lb = 2m – 0,5m = 1,5 m )
                    W = 700 N

Ditanya = F ….?
Penyelesaian :


3.      Diketahui : W = 200 N
                   F  = 50 N

Ditanya : KM ….?

Penyelesaian :




e.       Teknik Penilaian Essay
No
Point yang dinilai
Skor
1
a.       Jawaban benar
10
b.      Jawaban salah, tetapi masih berusaha menjawab
5
c.       Jawaban salah dan tidak menulis sama sekali
0
2
a.       Penulisan proses diketahui
10
b.      Tidak menulis proses diketahui/salah penulisan
0
c.       Penulisan proses Ditanya
10
d.      Tidak menulis proses ditanya/salah penulisan
0
e.       Proses penyelesaian benar dan Menjawab benar
30
f.        Menjawab benar hanya salah dalam proses penyelesaian
10
g.       Menjawab benar hanya hasil nya, tidak mencantumkan satuan hasilnya
5
h.       Menjawab salah tetapi proses penyelesaian nya benar
15
3
a.       Penulisan proses diketahui
10
b.      Tidak menulis proses diketahui/ salah penulisan
0
c.       Penulisan proses Ditanya
10
d.      Tidak menulis proses Ditanya /salah penulisan
0
e.       Proses penyelesaian benar dan Menjawab benar pada  hasil jawaban
20
f.        Proses penyelesaian benar, menjawab salah pada hasil jawaban
10
g.       Proses penyelesaian salah, menjawab benar pada hasil jawaban
5
h.       Proses penyelesaian benar, menjawab benar pada hasil jawaban, tetapi hasil jawaban tidak dicantumkan satuan
10

Jadi untuk mencari nilai pada proses rubric seperti ini, dilakukan dengan proses penilaian penjumlahan skor yang diperoleh siswa , yang berlaku pada masing-masing point dan nomor soal.
Contoh : Penilaian ( Nilai = Skor no 1 + Skor no 2 + Skor no 3 = . . . )
No
Contoh Skor yang diperoleh
Skor Max pada soal
1
10 Point
10point
2
20point
50 point
3
40 point
40 point
Jumlah Nilai
70 Merupakan Nilai yang diperoleh siswa
100 merupakan nilai max yang akan dicapai siswa




    Mengetahui                                                                                       Kota, Tanggal, Tahun
……………                                                                                                                ……….



Maaf kalau berantakan, soalnya ngetiknya dari word dulu.

Download File M.word nya DISINI

Sumber: markasfisika.blogspot.com




0 komentar:

Post a Comment

Tulis Komentar anda disini

Contoh RPP  IPA Fisika Kelas 8 "Materi Pesawat Sederhana"